Hi All,

Thanks buat masukkannya.

Untuk konsep ShutdownHook baru tau JVM menyediakan hook seperti ini,
penjelasan artikel Budi Kurniawan sangat jelas :)

Saya akan membuat aplikasi yang rencananya akan terus berjalan di
background.
Bila dengan port, apakah bisa dipakai untuk komunikasi dengan aplikasi
dibackground ini?
Saya terpikir ada sebuah aplikasi lagi yang akan mengontrol aplikasi
dibackground ini, misalkan untuk mereload konfigurasi, menyuruh exit,
atau kebutuhan lainnya.

Regards,

Jimmy Halim