Teman2x jangan putus asa,

Banyak kok macam dan jenis pekerjaan yg bergaji besar, meskipun tidak
gampang, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Banyak celah dan keterbatasan
dari perush asing yang bisa dimasuki.

Teman gw yg dari singapore bilang, ada vendor luar A implement produk B di
perush. indonesia, very critical project. Maksudnya udah bbrp vendor coba
tetapi gak berhasil2x. Akhirnya ada orang lokal, teman Konsultan pegawai A,
dulu pernah kerja di perusahaan produk B, menawarkan tantangan "Bayar gw 500
dolar sehari, gw jamin bulan selesai." USD 500 terlalu kecil buat bayar
konsultan asing, karena buat biaya visa, fiskal, pajak, hotel, akomodasi,
allowance, dsb aja udah mahal. The local benefit. 300 juta dia terima untuk
3 bulan. Kerja 3 bulan bisa buat nganggur 2 tahun. si Mr x ini, meskipun
setelah 3 bulan jadi pengangguran, ya tetap nyantai aja tuh. Tetapi ingat,
Konsultan dari perush A berani menerima tantangan tersebut karena dia kenal
baik sama si Mr X he3x...Makanya, berteman dan tidak sombong itu penting

Cara lain, pelototin tuh situs rentacoder.com dan semacamnya. Again,
pekerjaan yg terlalu kecil buat perush bule untuk digarap sebagai proyek.
Katakan 50 USD, selesai dalam 1-2 hari, lmyn dong. Malah kerjaan
"remah-remah" di tanah bule, bisa jadi proyek perush ISV di tanah negara
berkembang. Model2 kayak gini dah banyak dilakukan di india, eropa timur,
amerika selatan dll.

makasih,

Abdullah