nimbrung2..
lama gak posting neeh...
nambahin info soal prospek programer java di LN..
nanggung klo "cuman" di Singapore.. gak bisa ngrasain
4 season... gak ada salju... skalian aja ke amrik apa
euro.. ato japan lah... biar ngrasain sensasi
sakuranya..
kalo masalah gaji... paling menjanjikan tuh daerah
midle east terutama dubai, free tax.. pphnya 0% gaji
tertinggi runner up setelah silicon valley.. kalo
orang milisnya Om Carlos bilang "di ujung pelangi"..
kerjaan jg gak berat2 amat... gaji gede, biaya hidup
standart2 aja plus kesempatan beribadah haji buat
muslim lebih mudah...
kalo pengalaman aku.. cuman di japan.. dan kayakna gak
mau pindah lagi deh..
sedikit informasi soal kerja di japan as programmer..
-Klo kerja di perusahaan raksasa macam matsushita or
sony.. AFAIK gelar masih punya pengaruh gede..
aapalagi klo lulusan univ jepun... peluangnya gede..
s1 indo peluangna kecil..
-Bahasa faktor penting, at least english but prefer
japanese speaking. bobotnya sama bahkan di perusahaan2
tertentu lebih besar daripada bobot skill
programingmu.
-secara hukum, buat ngedapetin visa engineer.. kudu
lulusan univ, bisa diploma or sarjana..
-klo dapet perusahaan outsourcing,jangan lama2 deh..
klo bisa cuman buat batu loncatan aja.. as a ticket
entering japan.. cari kontrak yg singkat.. trus begitu
nyampek.. segera cari chanel engineer indo yg dah lama
tinggal di japan.. cari2 lowongan kerja.. sekedar
info.. lowongan kerja di japan tuh 1:2 (1 pencari
kerja 2 lowongan).
 why?? coz kerja di outsourcing company AFAIK gak bisa
save mode, bargaining position kita rendah.. gampang
tereliminasi.. dan gajina minim..
ada contoh riilnya lho... baru nyampek okt lalu.. 7
org  lulusan B**** (sensor :)) kena proses eliminasi..
desember ini. lantaran apa coba?? bhs jepunnya gak
gape menurut standar tuh perusahaan..(padahal
lowongannya programmer, bukan interpreter)
-di japan skr lagi nglirik programmer indonesia ma
vietnam, coz orang india ma china mulai gak disukai
terutama china, (AFAIK banyak orang jepun sentimen ma
chinese lho, dendam WWII kali ya..)
-klo mau posisi permanen, employer di japan baik2
kok..
justru yg nawarin posisi kontrak itu yg biasanya
menghawatirkan. Kultur pekerja di japan, loyal.. kerja
nyampek pensiun gak pindah2.. tapi bg yg single..
siapin planing married ... coz ntar ketularan org
jepun yg merried umur 35 an lho...
-biaya hidup mahal ... yang murah cuman brng2
elektronik (apalagi klo akhir tahun kayak gini)

just my 2 Cent..
Wish me Luck :)
Regards
Reza