Benar bahwa masing-masing merk ATM mempunyai emulatornya, yang
terkenal adalah NDC dan Diebold (DDC). Untuk command-commandnya, ga
mungkin dijelaskan disini karena sangat banyak dan kompleks, meliputi
setting screen, state, financial institution table (FIT), transaction
message, command message (close, open, refresh), dsb, dsb. Biasanya
kalo mo programming ATM, minta aja dokumentasi sama vendor ATM nya.

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "handinata kusuma"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> commandnya kalau ngak salah di awali dengan angka 3 setelah header
> message.... 3 (untuk configurasi...) sory da lupa ... dokumentasinya
juga
> ngak tahu udah tahu dimana... coba cari NCR programming guide ..
sekarang
> NCR ada versi APtra(7.0) rada beda dikit... dari versi 6.0

ATM..

<[EMAIL PROTECTED]<suhe_arie%40yahoo.com>>