SCJP menurut saya tidak spesifik ke JSE karena tidak termasuk GUI,
Networking, dll. Hal ini dimasukkan dalam SCJD.
Yang termasuk adalah basic-basic Java seperti : penamaan variabel,
get/set, garbage collection, collections class, generic (SCJP 5), I/O, dll.
Semua itu dipakai dalam JSE JEE dan bahkan JME sekalipun (walau pada
MIDP class Collection nya beberapa lebih simple).

Tapi kembali pertanyaan awal, saya juga setuju dengan yang lain bahwa
lebih baik mengambil SCJP.
Karena memank dalam lowongan yang dicari adalah SCJP bukan SCJA.
Kecuali benar-benar baru dengan Java serta tidak yakin lulus SCJP tetapi
mau punya sertifikasi supaya lebih mudah melamar pekerjaan (misalkan
bukan dari lulusan IT sehingga dipertanyakan kemampuan Java nya)

Regards,

Jimmy Halim