Mustinya sebelum install Netbeans, install JDK dulu dunk,
berarti saya asumsikan sudah di install.

Netbeans 5 modul utamanya adalah Netbeans 5 IDE.
Untuk explorasi ke web,
install juga Netbeans 5.5 Enterprise Pack.

Kalo yang diinstall Netbeans 6 sudah termasuk di situ semuanya,
kalo memilih full pack.

Netbeans sudah menyediakan Sample Code,
bisa langsung dicoba.