Yang pernah gw pakai sih simple, image processing untuk WAP portal. Kita
tahu bahwa WAP browsing saat menampilkan image dibatasi oleh kemampuan tag2
XHTML WAP browser, resolusi layar yang berbeda-beda, format gambar yang
mampu didukung, dan lebar pita data.

Praktisnya, sebuah halaman WAP terdiri dari header logo lebar 100% dari
usable Width Pixels, di baris bawahnya ada menu gambar 3x2 kolom, kemudian
di  baris bawahnya lagi ada content berupa gambar selebar 50% disandingkan
dengan teks selebar 50% pula. Gambar2 untuk logo  berformat gif dengan
ukuran dasar 100x20 px, untuk menu format gif ukuran 40x40 px, sedangkan
content gambar berasal dari Content Management System yang dipakai bersama
antara Web dan WAP portal sehingga yg disimpan adalah gambar gedhe seukuran
ratusan pixels. Paling bawah misalnya ada semacam banner untuk promotion.

Terdengar simple dan mudah serta kurang menantang untuk Web portal, tetapi
untuk WAP portal bisa lain ceritanya. Handset dari yg jadul, resolusi rendah
sempit, format gambar non gif-jpeg, tdk berwarna sampai yang layar lebar,
gambar warna-warni, format gambar setara web dll. semuanya beredar di
pasaran. Ada ratusan kombinasi ukuran pixel yg tdk mungkin untuk gambar2nya
di pre-create statically untuk masing2 gambar. bannernya ada kemungkinan
diganti beberapa hari/minggu sekali, tergantung yg lagi trend promosi film
atau game apa.

Yang gw pakai framework komersial sih, dari hasil oprek2 bisa tahu kalo dia
ternyata jalan di atas Java Media Lib.

Btw, ada JUGers yang tinggal di Serpong? siapa tahu tetangaan sama gw
ternyata...he3x

thx,

Abdullah

Kirim email ke