On 3/22/08, Wilbert <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> apa yang
> harus saya lakukan untuk berkecimpung di dunia Java EE...
> Terima Kasih sekali kk!!
>
> Berarti intinya, belajar CORE nya dulu yah.., bukan FRAMEWORK nya...
> Hihihi...,berarti saya sudah membuang waktu beberapa hari, karena saya sudah
> belajar Struts sampai
> membuat plugIn nya yang mengimplementasi interface plugIn..
> Tapi senang juga, jadi sambil saya mengikuti milis ini, saya sambil belajar
> dan
> membuat aplikasi-aplikasi kecil seperti saran kk2 di atas...

Iyah yang penting kamu dapat mindsetnya aja dulu. Banyak orang yang
bisa ngomongin framework ini dan itu tapi pas interview ditanyain
tentang transaction propagation malah kagak ngerti. Huhu, padahal
lebih penting ngerti konsep daripada framework. Wong kita bisa bikin
framework sendiri kok, dan belum tentu framework yang kita pelajari
akan dipake perusahaan.

> [...]
> Microsystems, Inc.)
> EJB Component Architecture
> Expert One on One J2EE Design and Development
> J2EE Tutorial 1.4 (Cetakan Sun)
> Java Enterprise Best Practice (O'Reilly)
> Semua Materi Java EE Programming dari JavaPassion (Sang Shin)
> Kalau kk Sam menyarankan saya untuk belajar dengan membaca spesifikasi serta
> membaca beberapa buku yang kk Sam telah sebutkan di atas...
>
> Mungkin kk2 semua ada yang mau memberi usulan apa yang harus saya pelajari
> dari buku-buku di atas?
> Mungkin kk Joshua Jackson punya pendapat apa yang harus dipelajari dari dasar

Saya jarang sih baca-baca buku. Paling cuman baca dokumentasi. Kalau
mau belajar JavaEE sih tutorial dari Sun itu sebenarnya udah bagus.
Saya pake itu buat dapetin mindsetnya JEE. Terus dari list, yang
berbau J2EE dicoret aja karena udah obsolete, sekarang udah jamannya
JavaEE.

Kalau udah ngerti konsepnya JavaEE, mending langsung terjun ke project
aja. Cari project opensource buat dioprek-oprek. Atau kalau gak mau
bisa buka-buka source code sample-sample dari Seam atau Spring. Banyak
contoh2 bagus disitu. Kalau mentok ya tanya-tanya ke milis ini aja.

--
Let's show the world what we've got.

Blog: http://joshuajava.wordpress.com/

Kirim email ke