> Ya nggak lah. Walaupun java lebih slow dari native app yang dikompile
> ke machine binary.
> Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mitigate problem ini.

Ini selalu jadi issue saat arsitek menentukan pilihan platform.
Pada beberapa case, ada yg memilih mixed language, yg butuh performa
tinggi dibangun dengan native code, sementara yang lebih toleran
dibikin pake Java.
Tapi dengan perkembangan Java sekarang, kelihatannya soal performa
sudah bagus banget (beda tipis dengan native code).
Di artikel itu kan juga disebut, dulu ukuran memory server masih
kecil-kecil, tapi sekarang kan udah berlipat-lipat kenaikannya dan
harganya juga udah ga semahal dulu.
Kalo ga salah SunFire E25K itu support sampe 512 GB of memory.

> Ya bener. Saya nggak bilang kalo Java itu nggak bisa dipakek. Tapi
> cuma mau bilang
> kalo milliseconds importance itu bukan cuma stock market aja.

Kalo microseconds, IMO agak terlalu dibesar-besarkan. Kalo milisecond
atau second emang mungkin masih berpengaruh.
Ini sama seperti produsen handphone bikin layar warna sampe 262.000
warna atau lebih tinggi, padahal mata manusia ga bisa membedakan 2
warna yang berdekatan jika dibagi sampe 262 ribu warna begitu.

Di dunia finansial, waktu memang jadi concern, tapi toh di dunia
perbankan buktinya banyak aplikasi yang dibangun pake Java dan laku tuh.
Kalo aplikasi lambat kan belum tentu salah platformnya, bisa jadi
emang bikinnya kurang bener :P

Hidup Java!

Hendra.