2008/4/18 Joshua Jackson <[EMAIL PROTECTED]>:

> On 4/18/08, Gardiary Jantan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>  > Nambahin, kalo gak salah
>  > - Idea 7 bisa buka project eclipse
>  >
>  > :)
>
>  Bisa buka project eclipse, maven dan JBuilder.
>  Keren banget deh IDEA :-d

Thx to Joshua, sekarang akhirnya gw pakai Idea.
Jauh lebih ringan daripada Eclipse, apalagi Netbeans.

So, sekarang gw pakai 4-4nya :
- gedit
- eclipse (kalo license IDEA gratisnya sudah habis)
- netbeans (buat training)
- idea (buat bikin materi training)

Kalo mau ke Idea, dia bisa import project Eclipse maupun Netbeans.
Kalo mau ke Eclipse dari IDE manapun, tinggal set source folder dan
*jar yang diperlukan.
Kalo mau ke Netbeans dari Eclipse, bisa langsung import.
Kalo mau ke Netbeans dari Idea, belum coba bisa atau ngga, tapi worst
case ya set source folder dan *jar.

Import ke dalam Netbeans itu rada problematic kalau kita bikin
build.xml sendiri.
Gak bisa langsung mulus.
Harus ada effort tambahan, seberapa besar effortnya gw belum explore.

Tapi biasanya kami di ArtiVisi jarang ganti IDE di tengah jalan.
Kami gak fanatik merek tertentu.
Biasanya IDE itu dipilih di awal project, bareng2 sama pilih2 framework.
Kita pilih frameworknya dulu, misalnya mau JSF atau Spring MVC.
Setelah itu, baru lihat toolkit yang *currently* paling produktif
untuk framework tersebut.

Note pemakaian kata *currently*.
Artinya walaupun project A dan B sama2 JSF,
bisa jadi project A pakai Eclipse dan B pakai Netbeans.
Ini karena waktu A mulai, support JSF di Eclipse lebih baik.

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com