From: Ifnu _ <[EMAIL PROTECTED]>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, May 8, 2008 10:19:09 PM
Subject: Re: [JUG-Indonesia] kenapa kita butuh (x)MQ things ?

Messaging ini protokol komunikasi dari jaman purba, dari jamanya
mainframe protokol ini udah dipakai.

messaging paling banyak digunakan di finance dan telco,karakternya yg
asyncronous memungkinkan load dengan transaksi tinggi tetep bs
dihandle dengan baik.

sistem atm dr depan sampe belakang mengunakan messaging, dr atm ke atm
broker(prima dan atm bersama) sampe ke corebanking trus ke payment
listrik,air,beli pulsa dst semuanya pake messaging.

mq ini disebut sebagai message broker yg bertugas menjadi server
layaknya server email. Message producer mengirim message ke message
broker lewat metode topic atau queue, trus nanti di belakang ada
message consumer. Consumer tidak perlu up untuk menerima message,
selama itu message ada di message broker, kalau nanti consumer up dya
bs consume message.

arsitektur ini udah mature banget sampe ada iso untuk standarisasi
messagenya yaitu iso8583, iso ini distandarisasi 2x, th 87 dan Th 93.
Sampe sekarangpun bca/atm prima masih pake iso8583 versi 87,jd bs
dibayangkan stabilitas protokol ini.

smoga bermanfaat

--
Sent from Gmail for mobile | mobile.google.com

Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
http://ifnu.artivisi.com
+62 856 9211 8687
regards