From: Feris Thia <[EMAIL PROTECTED]>
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Sent: Thursday, May 15, 2008 9:08:14 AM
Subject: Re: [JUG-Indonesia] [OOT] Tanya Algoritma Greedy

 Hi Felix,

Wah... senang kembali mendengar istilah2 itu. Pernah tahu Anbulagan dong ?
Dosen Binus yang dulu nantangin soal itu (CSP). Gue dulu pernah buat tapi tidak
pernah optimal. iya itu NP complete dan perkembangan constraintnya
eksponensial, benar ya ?

Skripsi pernah ngambil itu (perpanjang 1x). Walau akhirnya ngerti masalahnya
dan ada pemecahan lumayan, tapi saya tidak puas akhirnya banting stir ngambil
skripsi multi-agent aja. Kalau menurut Felix untuk pemecahan CSP tetap harus
pake heuristic atau algoritma "kira-kira" ya ?

Salah satu pemecahan yang waktu itu disarankan adalah split resource dari
kaki-kaki tree yang tidak terlalu dependent, dan itu adalah distributed
computing. Kalau istilah keren sekarang itu cloud computing ya? Menurut Felix
benar ga dan kalau boleh opininya dong tentang dc ini ?

Btw, Felix kenal dengan almarhum John Winoto ? Beliau salah satu organiser awal
untuk tim ACM Binus.

And saya sudah jalaninin e-Taxi di Java neh... masih running, perkiraan waktu
solvingnya untuk semua alternatif biasa sekitar berapa lama ya?

Regards,

Feris

2008/5/14 Felix Halim <[EMAIL PROTECTED]>:

2008/5/15 Feris Thia <[EMAIL PROTECTED]>:

> Berarti pernah memecahkan masalah scheduling dong ya ?

Scheduling itu masuk kategori Constraint Programming dan known to be
NP Complete. Karena solusi exactnya (optimal) teralu lama, biasanya
ini disolve pake Local Search yang bisa nyari schedule yang "near"
optimal dengan waktu singkat.

Kalo soal ini masuk Programming Contest, maka instancenya harus kecil
supaya bisa di bruteforce untuk cari yang optimal.
Kalo instancenya besar, biasanya suruh nyari yang near optimal nanti
dicompare ama peserta lain punya (ini modelnya Maraton Match TopCoder
contest kayaknya).

Felix Halim

--
Thanks & Best Regards,