Stefan A.Y. wrote:
> Tadinya waktu post posting sebelumnya saya pikir komponen2 yang di share
> di web menggunakan java itu dibikin terpisah-pisah tersendiri, bukan
> terdapat di dalam sebuah framework tertentu. Ternyata cara mendapatkan
> komponen-komponen tersebut yaitu sambil dengan menggunakan frameworknya
> ya :)

Betul sekali. Kalau di MS kan framework nya cuma satu tapi
kalau di Java banyak sekali. Hampir tiap minggu ada web framework baru.

> [...]
> bisa, mungkin karena kurang rajin baca tutorialnya terlalu sering
> dilompatin :)
>
> Oya kalau kita bisa sampai menguasai produk terbaru dari micro****
> (anggap saja sampai dalam-dalamnya sampai bisa tuning aplikasinya segala
> :p) bukankah programming dengan menggunakan produk micro**** bisa jadi
> lebih produktif? saya dengar program aplikasi dengan java juga
> membutuhkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi karena boros memori
> dan prosesor dibandingkan development menggunakan produk terbaru

Nggak juga. Saya di VB Classic dulu untuk banyak masalah musti
bikin banyak workaround karena banyak bug di Windows nggak mau
dibetulin sama MS. Dan ada hal-hal tertentu nggak bisa dibikin
di VB Classic jadinya harus belajar C/C++ dan Win32 API.

Kalau di Java maka hampir semuanya open source. Kita hampir tidak butuh
workaround. Kita bisa patch sendiri bugs dalam tools yang kta pakai.
Java juga bisa melakukan jauh lebih banyak hal dibandingkan
VB sehingga kebutuhan pakai code native jadi sedikit.
Bukan hilang lho tapi jadi sedikit. Dukungan tools di Java
juga luarbiasa dan lebih cepat release dibandingkan MS.
Coba lihat Visual Studio itu adanya
VS 2003, VS 2005, VS 2008. Beda 1 release dengan release lainnya
adalah lebih dari 1 tahun sedangkan di Java NetBeans dan Eclipse
keluar release baru tiap beberapa bulan. Mana bisa lawan
sih Visual Studio. Lagipula di dunia Java IDE nya
yang paling banyak dipakai ada 3 buah NetBeans, Eclipse dan
InteliJ IDEA. Mereka bertiga ini saingan mati-matian.
Terus 2 IDE gratis dan 1 bayar. Mana ada sih macam beginian
di dunia MS.

Kalau untuk aplikasi GUI maka MS masih unggul. Saya sendiri bikin
aplikasi web pakai Java tapi aplikasi GUI pakai C# di .NET.
Tapi kalau bicara aplikasi web maka rajanya adalah Java dan PHP.
Java kalau aplikasi kamu kompleks dan butuh declarative transaction.
PHP kalau aplikasi kamu sederhana dan lebih banyak mengambil
dari database dibandingkan menulis ke database.

Soal spesifikasi hardware maka Java secara memori lebih boros tapi
kalau bicara pemakaian CPU maka saya yakin lebih efisien
dari CLR nya .NET karena trik-trik optimisasi dalam JVM adalah
yang paling canggih.

Kirim email ke