mas franslee, kalo susah pake tomcat. enaknya pake app server ap ya?
  ----- Original Message -----
  From: Frans Lee
  To: jug-indonesia@yahoogroups.com
  Sent: 22 May, 2008 10:14 AM
  Subject: Re: [JUG-Indonesia] Tanya connection pooling

  ----- Original Message ----
  From: Bagus Prasojo <[EMAIL PROTECTED]>
  To: jug-indonesia@yahoogroups.com
  Sent: Thursday, May 22, 2008 9:45:46 AM

  tomcat?
  > emang ad ap dengan tomcat mas?

  pake connection pool di tomcat jndi datasource mgkn agak susah buat testnya
di luar container

  bikin manual yah connection pooling nya?
  > manual ini maksudenya gimana? aku bikinnya pake menu admin di conssolenya
tomcat

  coba cek
http://tomcat.apache.org/tomcat-5.5-doc/jndi-datasource-examples-howto.html

  mungkin ada baik nya kalo wrapper class nya di bikin singleton...
  > singleton? ini memastikan kelas ini hy bisa dicreaate sekali ya?
  caranya gmn mas?

  http://en.wikipedia.org/wiki/Singleton_pattern#Java