2008/5/30 Eko S.W. <[EMAIL PROTECTED]>:
> Bisa tidak spt itu?
> Tidak perlu pakai AppFramework spt Tapestry, JSF, etc. (baru prnah pk Tap
> dan WebWork)???

Tergantung definisi "bisa" nya seperti apa. Bisa jalan? Bisa dengan
mudah di-maintain? Bisa dengan mudah di-extend?
Kalau sekedar bisa jalan pakai JSP saja pasti bisa. Kalau mudah
di-maintain ya tergantung besar aplikasinya. Mudah di-extend juga
tergantung dari aplikasi. Sebenarnya pakai framework juga tidak
menjamin kemudahan maintenance dan extension, ada faktor lain yang
memberi sumbangan besar yaitu People
(http://www.martinfowler.com/bliki/PeopleMatterMost.html).

Kalau boleh tau kan pak Eko sudah pernah pake Tap (Tapestry kah?) dan
WebWork. Kenapa berpikiran untuk kembali ke JSP murni? Apakah
mengalami masalah dgn framework?

Simple aja. Untuk membuat aplikasi yg mudah di-maintain dan di-extend
maka disainnya harus bagus. Bagaimana desain yang bagus? Mengutip dari
milis extremeprogramming, dalam salah satu threadnya membahas desain
yang bagus. Salah satu post yang menarik buat saya ada seorang yang
menulis pada waktu membuat program dia berpikir keras bagaimana
caranya programnya mudah di-test. Hasil akhirnya adalah selain mudah
di-test ternyata desainnya menjadi bagus. Jadi IMO berpikir secara
Test Driven itu membawa benefit bagi desain. Dari premis ini bisa
disimpulkan kalau mau memilih framework pilihlah yang membuat program
anda mudah di-test.

Kirim email ke