2008/6/2 sm96 <[EMAIL PROTECTED]>:
> ini bukan cara sebanding buat kalah-kalahan
> java dibikin bagus bisa, dibikin ancur juga bisa
> c/c++ juga demikian

Kenapa tidak sebanding? println dan puts secara logika equivalent kok.
Kenapa di Java begitu lambat?

Java lebih gampang hancur daripada C/C++ (dalam soal performance).

Contoh, tadi saya barusan nge-test C/C++ puts diganti jadi printf,
kecepatannya melamban dari 0.055 menjadi 0.220 secs.
Tetapi setelah saya nyalakan compiler optimization -O3,
code printf nya jadi kenceng lagi seperti code puts, yaitu 0.055.

Mungkin compiler optimization nya C/C++ bisa ubah printf menjadi puts
where applicable.

Sedangkan di Java, mana bisa compiler optimizationnya ngubah dari
System.out.println menjadi pake BufferedWriter ?

Jadi di Java performance optimizationnya saya kira masih perlu ditingkatkan.

> berawal dari paradigma yg berbeda, tidak bisa asal diuji dengan sembarang
> cara.

Jadi kamu menerima apa adanya bahwa Java lambat?
Jika tidak, coba tolong kasih "cara yang tidak sembarangan" untuk
menguji paradigma berbeda ini.
Diatas, kenapa kamu mengatakan kalo membandingkan:

    System.out.print("felix\n")

dengan

    System.out. println("felix")

adalah "cara yang sembarangan"?

(itu lho yang saya tangkep, kalau salah mohon di-koreksi).

Felix Halim