saya lg diskusi dg toni, dan kemarin dengan thomas dan joshua, terus sam,
rudi,  dan bruno

jadi banyak model yang dibahas mengenai JUG, dan kita ini sebagai salah satu
milis yang beken di Indonesia, sampai milis PHPUG, aja pengen punya materi
seperti JENI.

selain itu Linux yang sudah hampir 2 dekade saja belum ada materi gratis,
ini artinya gerakan Java di Indonesia sangat sangat fantastis

malah generasi pertama banyak yang hengkang, malah angkatan kedua juga pada
hengkang :) dari Nanik, Rudi sampai Jecki sudah gak di Indonesia, CMIIw

dan gue lihat sepertinya program exodus akan terus terjadi (i am in the way
juga, but.. in another model)...

3 tahun pertama JUG, gue promosi, only one JUG, :) dan sebenarnya ada 3 JUG
sih :) Jlinux, JavaId, tapi yang 2 ini yah gak seramai milis ini....

terus 3 tahun berikutnya, JUG aktif di goverment (atau frans yang aktif di
goverment, coba silahkan kasih feedback), dari aktif propose repository
IGOS, terus sekarang repo IGOS telah ada peneursnya malah SIPLK Kominnfo
buat repo dibawah FOSS-id, dimana sang pemirir Andi Belutz ada disana.

sayang sekali mirrior Maven yang dulu disetup ferdinand, jadi gak jelas nih,
karena saya sendiri gak tahu mirror maven sekarang gimana, sebab repo
FOSS-ID sudah setuju boleh jadi repo maven, tapi siapa yang followup?

sekarang....

JUG ada banyak nih, dan ada banyak hal yang didiskusikan, dan kita harus
membuat sebuah gerakan, gue setuju dg ide Joshua, Asia Tenggara (Terbesar),
tapi tanpa ada program yang sama antar region JUG, ini sama aja seperti satu
kota teriak tebesar di asia tenggara, jadi seperti semut teriak dipadang
gurun.

and...

2 hari ini gue dicekokin pelajaran kolektif, dimana moderator harus banyak,
penyebaran harus besar, dan nama harus besar, bergaung...

and...

gue dapat info juga, next gen JUG mirip Frans :) suka kebablasan :) haha

ada masukan rekan-rekan?

maklum saya melihat banyak yang melihat JUG ini jadi pasar, bukan center
untuk ekspansi... dan share sepertinya di indonesia dalah haram :)

Frans Thamura
Director of Meruvian
Education, Consulting, Networking, Profesional Marketplace, OpenSource
Development and Implementation

Mobile: +62 855 7888 699
YM: [EMAIL PROTECTED]
Linkedin: http://www.linkedin.com/in/fthamura