On Thursday, June 5, 2008, 11:36:23 PM, Wilbert wrote:

> Aku cuman pengen tau gimana caranya javac melakukan proses ini
> 1. Scanning
> 2. Parsing
> 3. Semantic Analysis
> 4. Generate Intermediate Code

> Paling ngk 4 step itu aku pengen tau... :)

Kalau cuma pengen tau sih, gak perlu pake cara yang kelewat susah yang
sangat mungkin bukan pengetahuan yang didapat, tapi keputusasaan. :)

bukan bermaksud merendahkan atau apa-apa, tapi isi source JDK sendiri
sangat sangat kompleks, dan banyak melibatkan low level area yang
membutuhkan pengetahuan level advance (low level) baik java dan C
sebagai basis pengembangannya.

Kalau hanya untuk pengen tau, saran saya sih anda bisa download JRuby,
Jython, atau Groovy. Toh sama saja, semuanya menggenerate bytecode
java, dan tentu level kesulitannya udah (relatif) lebih mudah karena
menggunakan fully java code sebagai basisnya.

just my 2c.

--
Salam,

-Jaimy Azle

"Great new ideas usually come from very small teams...
 don't give up so easily."
      -- John Kaster