betul alex.

komentar mukhlis keliatannya dari orang yang kurang pengalaman melakukan
migrasi aplikasi skala besar. memindahkan aplikasi yang sudah production ke
hibernate, apabila banyak menggunakan native query, jelas bukan "gampang
banget". justru "sulit banget" atau cenderung tidak feasible secara
ekonomis.

hibernate is not a silver bullet.

halangannya sangat banyak, bisa dikatakan develop ulang, dan correctness
dari aplikasi tidak dapat dipastikan, harus dites ulang semua. tetapi dengan
di migrasi ke ibatis, query yang lama dapat tetap digunakan, struktur
aplikasi dapat lebih rapi dan maintainable.

alasan lain mengapa tidak menggunakan hibernate untuk aplikasi tertentu
karena ada beberapa query yang jauh lebih efisien jika diimplementasikan
dengan native query, ketimbang menggunakan or/m.

--
Daniel Baktiar
Senior JEE* Monkey

"Gravitation cannot be held responsible for people falling in love. It
should be held responsible for monkeys falling down the tree though." -- Ape
Onestone

Kirim email ke