Saya belum pernah pake Scala, saya cuma pernah nyoba python (melalui
django), groovy (melalui ibm project zero), dan ruby (melalui rails).
Akhirnya saya merasa lebih cocok dengan ruby. Kelebihan lain, ruby
punya berbagai macam impementasi, mulai ruby "asli" (Ruby <= 1.8.xx),
Yarv (Ruby >= 1.9.xx), JRuby (JVM), Rubinius, Cardinal, IronRuby
(.NET), dsb. Kita bisa lebih bebas memilih sesuai kebutuhan.

Tutorial mengenai ruby juga dikemas secara menarik, coba buka
http://poignantguide.net/ruby/ itu ada buku komikal untuk pengenalan
bahasa ruby.
Sepertinya, dibalik ruby itu bukan hanya orang2 pintar saja, tapi juga
diisi oleh orang2 kreatif.

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Paulus Ganesha Aryo Prakoso"