Hi,

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "jancrot" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Errr..... Sebenernya agak aneh sih ngebanding-bandingin Hibernate sama
> JPA. Tapi, kalo emang mau dibanding-bandingin, saya sih lebih milih
> Hibernate. Karena:
>
> 1. Hibernate bisa dipake lewat Tomcat. Sementara Tomcat belum support
> anotasi-anotasi di EJB 3.0 CMIIW. Kalo selama ini, untuk menggunakan
> anotasi-anotasi di EJB 3, saya selalu make Glassfish sebagai Web
> Container yang jauh lebih berat ketimbang tomcat.

Tomcat itu bukannya belum support anotasi EJB3, emang dia ga bakalan
support. Tomcat itu cuman web container yang bisa memanage web
component aja (JSP, servlet, JSF). Sementara glassfish adalah Java EE
compliant application server, yang berarti dia support semua feature
yang didefinisikan oleh spesifikasi Java EE, termasuk feature EJB3.
Jadi mereka ini kelas, ga bisa dibandingkan.

JPA juga bisa dipake di plain Java SE application kok, tanpa
container, kaya hibernate.

> 2. Dengan menggunakan Criteria-nya Hibernate, anda bisa membuat suatu
> Generic Dao yang sangar. Kalo JPA kan kudu ngasih @entity bla-bla-bla
> di setiap kelas yang akan dijadikan entity.

Bukannya di hibernate, kita juga mesti membuat POJO kita sebagai
entity, dengan membuat xml mapping, atau dengan annotation juga ?
Ga beda kan?

> 3. Di JPA, beberapa relationship kudu dipelajari lebih lanjut, yaitu
> @one-to-many dan @many-to-many.
> 4. Trus, di JPA, kalo anda kurang hati-hati dalam lempar-melempar
> object bakalan sering ketemu yang namanya COBRA eh CORBA Exception :)
>
> Sorry, lagi ngantuk...

Kalo soal relationship, IMO mo pake apa aja (JPA, hibernate, JDBC
sekalipun) juga mesti ngerti. Kalo ga paham soal ini, ntar struktur
object dan table nya bakal berantakan, bikin query ga efisien.
Tentang CORBA exception, keknya tergantung implementor JPA nya, dia
pake engine apa. Apa pake hibernate, toplink, atau yang lain. Soal
error handing, keknya ga masalah, selama codingnya bener, ngikutin
best practicenya.

Hendra.

Kirim email ke