xsalefter wrote:

> Saya bisa pake jdbc kok. Tapi, yang saya ga tau, apakah hal itu
> relevan, karena saya sudah pake framework lain (hibernate). Maksud
> saya, IMO, berarti ada 2 koneksi dari aplikasi saya ke database (1
> dari hibernate lewat sessionnya, 1 dari JDBC). Nah, apakah hal ini
> perlu dan wajar?

Hal ini wajar. Kalau anda pakai data source dari app server
maka nggak perlu kuatir akan ada tabrakan antar koneksi.
Koneksi yang diambil dari data source akan dimanage oleh app server.
Transaksi dari Hibernate akan tidak terpengaruh oleh koneksi
yang anda ambil untuk menggunakan JDBC. Kuncinya anda harus
pakai data source app server supaya manajemen koneksi
dihandle oleh connection pooling app server.

Kirim email ke