with the risk of oversimplifying, i try to answer.

> saya bingung kira2 java AS yang bagus buat bangun sebuah web yang anggotanya
> banyak

most Web usage won't need full fledged A/S, so tomcat/jetty would be enough.

> saya baru coba glassfish ama jboss, dan saya agak kawatir menginggat hanya
> dalam waktu

soal memori, apakah anda yakin "salahnya" ada di glassfish? jangan2
program anda yg memang boros
atau malah "bocor" (memory leak). coba di liat memory usagenya.
idealnya, pergerakan memory itu naik turun (kayak punduknya sonic the
hedgehog <-- tau film kartun ini kan?).
kalo naiknya naik naik ke puncak gunung (naik terus) berarti ada yg ngaco.

> dan pada glassfish saya sering mengalami error out of memory saat resource
> memory

soal out of memory, bisa dinaikin dengan parameter saat jalanin A/S
(mis. glassfish).

> ata ada yang tahu cara bagus buat menangani sebuah web yang memiliki banyak
> client ?

solusi ideal adalah membagi beban. misalnya clientnya agak "berat"
(rich client) seperti flex atau Javascript,
jadi server hanya mengurusi "yang penting penting". tapi tentu aja,
kadang2 solusi ini ga bisa diaplikasikan ke semua kasus.

--
salam hangat,
Thomas Wiradikusuma

Kirim email ke