Hi Agi,

Ada argumen yang sedikit kurang klop bagi saya.
PHP itu scale by default => shared-nothing architecture.

Ini adalah fundamental flaw di argumennya, karena kebanyakan aplikasi PHP
menggunakan sharing database yang sama, yang ini kemudian menjadi bottleneck
(databasenya menjadi bottleneck).
Masalah bottleneck database dengan menggunakan PHP tidak dapat diatasi
dengan framework2 PHP, tetapi dengan mengubah arsitekturnya, misalnya dengan
menggunakan middle process/proxy (bisa juga berbasis PHP), menambah web
cache, membuat arsitektur high availability, dsb.

Jadi kalau bicara Java vs PHP, siapa yang lebih scale sebenarnya ga valid.
Kedua aplikasi bisa scale, tergantung bagaimana arsitektur aplikasi
didesain.

Kalau kita berbicara aplikasi yang didesain *murni* berbasis Java, dengan
aplikasi yang *murni* berbasis PHP, mungkin perbandingan lebih mudah
dilakukan.

Menurut saya, keunggulan sistem yang *murni* berbasis Java dibanding sistem
yang *murni* berbasis PHP yang jelas adalah:
* Java menggunakan Servlet, semacam CGI sehingga dapat diatur supaya akses
ke dalam resource web application bisa melalui satu pintu di level aplikasi.
Hal ini di PHP harus di-handle di level network-nya. Framework PHP tidak
bisa menghasilkan akses satu pintu seperti CGI ataupun Servlet. Dengan
CGI/Servlet proses filtering terhadap request URL bisa dilakukan di level
aplikasi dengan mudah. CMIIW.
* Java memberikan pilihan untuk lebih mudah di-maintain, karena nature dari
bahasanya
* Banyak pilihan untuk optimasi eksekusi bytecode ditingkatkan di kemudian
hari, karena spesifikasi JVM yang standar mendukung untuk itu (ketimbang
untuk optimasi di level Zend engine, yang jauh sulit)

Oh ya, referensi saya lupa di mana, tetapi ada orang yang meneliti, eksekusi
code PHP di Zend engine yang tidak di pre-compile (seperti kebanyakan
konfigurasi aplikasi PHP), lebih lambat dibandingkan eksekusi code JSP di
web container, karena JSP default-nya akan di-precompile ke bytecode
servlet.
Biasanya orang bicara 'Java kan lambat' itu mengacu ke proses deployment WAR
yang harus dilakukan setiap kali aplikasi web diubah (tentu ada beberapa
cara untuk mengakali ini).

Tentu saja dengan arsitektur yang mix, beberapa kekurangan PHP di hal-hal
tersebut dapat diatasi.

Regards,
Daniel