hi danny, gw coba jawab ya, dengan ilustrasi.

di phonebook gw ada ratusan nomor cewek (my friends). idealnya, setiap
data cewek itu gw lengkapi dengan data ukuran2, hobi2 dan physical
appearance dari tiap2 cewek itu.

nah masalahnya, kalo gw mendeskripsikan tiap2 dari mereka, memory
handphone gw bisa gak cukup. trus gw mikir, "apakah ada design pattern
untuk ini?" datanglah Flyweight.

jadi, ketimbang gw tulis "Dewi 165/47, (ukuran2 lain disensor), putih,
mancung, rambut pendek, badan bahenol, dsb dsb dsb" gw cukup bilang
"Dewi, sexy". "Sexy" adalah reference ke object Flyweight.

jadi gw bisa punya ratusan data temen2 cewek, tanpa perlu gw jelasin
semuanya, gw cukup tulis reference: Sexy, Friend, Family, Annoying.
ini menghemat space dan waktu.

contoh lainnya yg membosankan adalah String pool dalam JVM dan
components dalam Swing.

--
salam hangat,
Thomas Wiradikusuma