Syahreza Pahlevi Ginting wrote:
> Tanya lagi dong.. bagi para pakar yang pengalaman.
> Misalnya saya makai jbos.. dan telah melakukan coding.
> Nah.. untuk pindah framework misalnya ke glasfish atau weblogic atau
> websphere apakah masih perlu coding lagi atau bisa pakai coding yang lama ?
> Apakah pindah2 framework berarti harus recoding ulang ya ?

JBoss, GlassFish dan WebLogic bukan framework
mereka adalah Application Server. Normalnya
pindah antara app server cuma merubah konfigurasi saja.
Tapi ini tergantung aplikasinya juga.
Kalau aplikasi sudah memanfaatkan kemampuan khusus
dari app server tertentu maka jelas harus ada penyesuaian
untuk pindah app server.

Saya pernah pindahkan aplikasi yang cukup kompleks dari
Tomcat 5+ActiveMQ ke GlassFish dan cuma butuh 3 hari.
Pindahkan lagi ke Jonas cuma untuk testing cuma butuh 1 hari.
Perubahan code dibawah 1%. Yang lama belajar konfigurasi
tiap app server dan testing. Tentu saja semua tergantung aplikasinya.

Kirim email ke