kalo bbrp hari yang lalu, saya menganggap class Person (versi 2) itu
ya domain model. tp saat ini saya jd agak ragu kalo itu domain model
(mungkin ADM). CMIIW.

soalnya class Person itu lebih kerasa seperti kumpulan attribut (meski
dengan @NamedQuery, atau annotation lainnya), lebih kerasa seperti
representasi table di db (yang kebanyakan relational) di dunia object
(ORM). dengan kata lain class Person spt bag saja. Padahal model tidak
hanya menyangkut representasi di db.

jujur, ketika saya mendengar kebutuhan si client, hal pertama yang
saya pikirkan adalah bagaimana merubah cerita client jadi entitynya si
jpa/hibernate. trus proses bisnis di service. sangat database-driven.

kalo masalah jangan ada duplikasi, saya sangat setuju. banyak jeleknya
daripada manfaatnya.

thx n cmiiw

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Endy Muhardin"