--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Frans Thamura" <fr...@...> wrote:

> dg popularitas Cloud naik, sepertinya hosting biz akan bergeser dari
> php hosting ke java hosting, karena cloud mirip dg VPS

yg dimaksud cloud di atas mungkin IaaS (Infrastructure as a Service),
kalo IaaS memang ada kemiripan dengan VPS. tapi IaaS hanya bagian dari
cloud itu sendiri.

dg naiknya popularitas cloud, seharusnya naik juga popularitas "web as
a platform"-nya web 2.0. java sebagai platform bakal bertarung
face-to-face dengan web sebagai platform, tidak peduli apakah web
tersebut menggunakan back-end java atau yg lainnya. so saingan java
bertambah satu lagi. ini sangat kontras dengan era web 1.0 dulu.

sptnya bakal banyak aplikasi yang "ga butuh server" karena pada
beberapa aplikasi developer tidak melakukan server-side
scripting/programming sama sekali.
dg web as a platform, skillset utama bukan pada java, php, ruby,
python, .NET, atau platform tradisional lainnya, tapi ada pada
Javascript (Ajax, JSON), Atom, REST, Microformats, RDFs, dsb.

Kirim email ke