Hahahaha...Lucu juga pertanyaan dari mas Arabet.
Kalo saya seh 2 tahun belajar baru bisa ngerti konsep OOP yang sebenar2nya,
kalo buat java sampe sekarang juga masih belajar mas..
Kalo mo ngoprek ga bakal ada abis-abisnya, Java bukan kaya dotnet yang
semuanya di sediain sama "Miss Crocop".
Jadi banyak hal baru yang harus di pelajari.
Tapi jujur mas, sebenernya belajar java kalo mo bisa harus di mulai dari
hati. Kalo cuman mo liat dari "Nilai" pasti suatu saat ada "Nilai" yang
lebih tinggi lagi.
Kalo untuk pemula saran saya seh pake Netbeans, saya juga dulu sebelum bisa
pake Netbeans karena udah banyak hal yang di bundel sehingga tidak perlu
lagi untuk konfigurasi-konfigurasi settingan, dll.
Eclipse lebih cocok untuk advance user yang ga mo di atur sama IDE.
Yang pasti kalo mo bisa untuk mengerti Java itu bukan hanya dengan doa
aja(:D)
Logika algoritmanya untu bisa menguasai Java:
while(stillLife){
    while(javaexist){
             while(Error){
                  doLearn();