Ahmad Tanwir a.k.a Ata wrote:

> Hai all...
>
> Saya ada tugas kuliah nih, dosennya ngewajibin pake Java + Oracle. Dan
> ngewajibin juga membuat ERD (Conseptual Data Model pada Power Designer)
> nya terlebih dahulu. Sementara itu, saya pake hibernate sebagai ORMnya
> (yang ini ga wajib).
>
> Pertanyaannya, apa masih penting menggunakan ERD untuk aplikasi yang
> sudah menggunakan ORM? Saya sendiri sudah menawarkan untuk menggunakan
> class diagram saja, tapi ditolak.

Hi Ahmad ^^...
AFAIK ERD memang masih diperlukan, meskipun sudah menggunakan ORM..
karena ERD merupakan dasar dari normalisasi sebuah tabel..
(jadi secara gak langsung ini bisa merupakan langkah awal untul membuat ORM
yang "normal" ^^)
meskipun pada akhirnya ERD tersebut kan "diimplementasikan" juga ke ORM..
jadi klo ERDnya sudah "baik" maka ORMnya pun pasti "baik"..

class diagram, menurut saya memang sepertinya lebih cocok untuk mewakili
sebuah ORM, karena ada property n behavior-nya..
tapi class diagram itu menurut saya "diimplementasikan" setelah kita
"selesai" mendesain ERD..

Salam hangat ^^..