> Kalau masalah Transaction, POJO transaction yang di-support Seam itu
> sudah setara EJB3. Memang yang full capability itu seperti apa ya? :-)

IMHO, saya mikir kalo emang kita pake Rich App Server macam glassfish/JBoss AS,
engine mereka secara default udah punya logic/konfigurasi sendiri dalam
menjalankan sebuah transaksi, dibandingkan dengan menggunakan punya si seam.
Dan saya mikir kalo orang (developer) yang berpikir dan care mengenai transaksi
di AppServer lebih banyak dibanding dengan seam.

Memang dua-duanya pake JTA, tapi (IMHO) bukannya lebih baik memisahkan concern
dengan bilang, "Ok, seam. Lo manage semua yang berhubungan dengan DI +
contextnya antara JSF dan Bean (POJO/EJB3). Kalo ada sesuatu yang spesifik
(transaction) suruh anak buahmu yang sudah ahli dan care (EJB) untuk manage
transaksinya..."..

CMIWW, Josh.. :)

Kirim email ke