Hm.. sepertinya terbalik pak. InnoDB tadinya itu berdiri sendiri,
tetapi tahun ... 2005 kalo gak salah, dibeli oleh oracle. Banyak yang
bilang itu strategi oracle untuk menghancurkan MySQL. Makanya dari
MySQL Muncul respons Storage Engine Baru, Maria dan Falcon. Tapi
supaya storage engine baru bisa mature kan butuh waktu, itulah
untungnya opensource, jadinya sampai sekarang InnoDB masih Exist di
MySQL dan masih jadi pilihan utama bagi orang2 yang memakai MySQL.

Kalau maxdb saya kurang tahu, tapi kalau di MySQL Terbaru ada storage
engine IBMDB2I. Storage engine yang memungkinkan mysql untuk menyimpan
data di DB2 Table yang running diatas mesin IBM i.

Yang kesian itu software2 yang lain, including glassfish. Kalau gak
ada yang ngambil torch opensource dalam 1-2 tahun ini, gerakan
opensource di java bisa berabe.

2009/5/13 andy susanto <ibsolut...@gmail.com>:

> Brand mysql aman juga
>
> karena ada innodb engine itu versi open source dari Oracle
>
> kemudian ada MaxDB versio open source dari SAP
>
> --
> Salam,
>
> Andy Susanto,S.Kom
> for better search