> @Yudhi
> Maksud saya implementasi dari RMI yang saya gunakan adalah untuk cabang yang
> offline, jadi applikasi akan tetep jalan untuk simpen data ke lokal, pada
> saat user koneksi dialup (waktunya kita tentukan) kan otomatis datanya
> terkirim, dan user engga perlu tahu apa yang terjadi di back endnya
> Begitu lho bang Yudhi... :-)

RMI ini socket protocol binary yang harus buka custom protocol,
misalnya 9090, kalau ada firewall di sisi client atau server bisa
berabe juga sih.

Sebenernya dibanding WS atau RMI cara yang paling gampang adalah
menggunakan HTTP Conection. Siapkan satu url saja di sisi servernya,
kemudian semua client hit ke url tersebut dengan menyertakan data yang
akan dikirim menggunakan Http Get variable.

misalnya :

http://myoffice.com/datacabang/input?data=andi

nanti dari http get parameter ini tinggal diparsing dan dimasukin
database. Cara ini persis kalau kita bikin aplikasi Java ME yang bisa
berkomunikasi dengan server.

--
Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia
Java Training Center