salam kenal juga tundra_nux (lucu juga namamu),
JSP itu begitu diakses pertama kali (misalnya orang nembak "/
index.jsp") akan diubah jadi servlet lalu dicomple jadi class java
biasa.
intinya JSP = servlet.

servlet, jsp, itu cukup kok untuk awal2, tapi biasanya kamu juga perlu
belajar akses database (misalnya JDBC),
karena jarang sekali orang bikin program web tapi datanya gak
disimpan :)

trus kalo udah agak lama coding, biasanya mikir, "kok keknya gw repot
amat bikin beginian."
nah, saatnya baca http://www.jroller.com/wiradikusuma/entry/framework :)

----
salam hangat,