Ya, kurang lebih seperti yg dijelaskan Iesa Maliek. Saya hanya menambahkan
sedikit saja:

Tidak semua bahasa static typed harus didahului type annotations secara
eksplisit. Fitur ini namanya type inference. Salah satu bahasa yang mendukung
fitur ini adalah Scala.

contoh (Scala):

var group = "Java User Group Indonesia"

secara otomatis (oleh compiler), variable group akan memiliki type
java.lang.String

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Iesa Maliek" <wizard_alkhowari...@...>