Apa sih bedanya Oracle ADF, ADF Faces, sama Apache Trinidad? Kok jadi bingung
ya? Katanya ADF itu projectnya Oracle yang dialihkan ke Apache, tapi kenapa
masih ada ADF Faces di oracle ya?

Ini sebenarnya sedang bingung pilih framework buat kerjaan. Ada satu  modul
custom, yang di view nya mungkin perlu form master-detail dalam window terpisah
(yang detail jadi modal dialog). Sekarang ini pilihannya antara Struts1,
Struts2, dan JSF (kalau JSF, mungkin pakai component library lain lagi).

FYI, bisnis prosesnya mungkin dilakukan bukan di Java, tapi via procedure
ORacle di PL/SQL, jadi javanya passing data (yang sudah divalidasi formatnya)
untuk call stored procdure nya Oracle. Kalau untuk query dari data, tidak pakai
ORM, jadi cuma core JDBC. Concern nya di view + control layer saja.

Saya terus terang bingung, untuk tujuan ini mungkin yang cocok adalah JSF, tapi
kok ada yang bilang bahwa JSF itu masih belum terlalu baik untuk diimplement.
SAya di end-user, jadi ga ada experience memakai framework ini sebelumnya di
satu development life cycle, cuma tahu2 aja. Karena itu mau sharing pendapat
saja, sebenarnya plus minusnya apa ya?

Kirim email ke