From: Ifnu bima <ifnub...@gmail.com>
Subject: Re: [JUG-Indonesia] About Wicket
To: jug-indonesia@yahoogroups.com
Date: Thursday, October 1, 2009, 10:54 AM

                  > Ifnu bisa lebih rinci lagi nggak kenapa elu eneg sama JSF?

ini pengalaman pribadi yah, dan terakhir pake JSF tahun 2007, kalau

sekarang udah ga relevan lagi alesan ini ya karena memang sepertinya

JSF sudah berkembang ;) (good news)

Stack yang gw pake Hibernate-Spring- JSF (richfaces/tomahawk )

1. Backing bean / Managed bean or what ever itu bean punya jsf

   - Menyulitkan dalam satu hal, misalnya proses penampilan data dalam

Grid menggunakan getter dari backing bean ini, sehingga kadang2 dalam

method getter ada proses query ke database, atau ada proses persiapan

untuk menampilkan data yang akan ditampilkan dalam Grid atau Form. OK,

sampe sini berhasil nampil, lah pada waktu di refresh kok ga nampil

datanya? eh eh kenapa ini? ternyata kita juga perlu membuat kode

serupa di method yang ditandai dengan @InitMethod (CMIIW) karena kalau

Backing bean ini schopenya request, setiap kali ada request ke page

backing beanya akan dibuat ulang. Bisa juga dibuat scopenya session,

tapi setiap kali selesai request, variablenya harus di clear agar,

misalnya halaman itu dikunjungi lagi tapi belum ada datanya malah

muncul data yang lama

Saya sih much much prefer Spring MVC Controller then JSF Backing Bean

2. The notion of Component

  - heck kalau gw ga bisa bikin component dengan gampang, well ini sih

seperti terkungkung dalam jerat component hell, apalagi kalau

component documentationya bayar seperti ICEFaces

3. Dialog

  - Bikin dialog untuk lookup data master misalnya. 2007 pake

richfaces, wew, bikin pening2 :((

4. Lets do it all in POST

  - wew what the heck they thinking?

Ya kira2 begitu sam, CMIIW, gw ga sanggup invest waktu lebih banyak

lagi untuk explore JSF, jadi ketika terbentur masalah diatas, gw

langsung giveup dan fallback to Spring MVC

--

Senior Engineer @ ArtiVisi Intermedia

Java Training Center

See our course @ artivisi.com