2009/10/12 Arlan <milanistic...@yahoo.com>

> Pak Endy maaf mengganggu..
> Pak endy aku mau nanya mengenai ORM..
> ORM itu kan untuk mengatasi paradigm mismatch antara OOP dan RD..
> Aku ditanya sama temen, "selain ketidaksesuain itu kan berarti ada yang
> sesuai dong antara OOP dan RD, nah yang sesuai itu apa?
> kok bisa sesuai?".. Aku mengiyakan. bener juga katanya. Selama aku baca ebook
> mengenai ORM sepertinya tidak ada yang menyinggung hal ini-- kesesuaian (atau
> akunya yang kurang teliti?? mungkin) Aku cari lewat google juga tidak ketemu
> (mungkin keywordnya yang salah??)

Ya kelihatannya pilihan keywordnya kurang lihai :D.
Saya google dengan keyword object relational impedance mismatch, ketemu ini :
http://en.wikipedia.org/wiki/Object-relational_impedance_mismatch
http://www.agiledata.org/essays/impedanceMismatch.html

Sederhananya, ada beberapa ketidaksesuaian :
- di OO ada inheritance, di RD gak ada
- di OO ada direction, tergantung class mana yang punya getter/setter
  di RD asal punya FK ya sudah ada relasi
- di OO (Java) object sama ditentukan oleh == atau equals
  di RD ditentukan oleh PK
- di RD cuma ada relasi One/Many to Many
  di OO (Java) ada Set, List, Map

Coba buka2 lagi materi kuliah Basis Data ;p

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com

Kirim email ke