> Masalahnya setiap kali save, kalau ga salah namanya, netbeans melakukan
> kalo ga salah namanya “reloading context” (diliat dari log tomcat). Dan
> error muncul tiap 10-20x save.

ini karena hot deploynya
solusi dari newbie :
- naikin max memory args and permGen na (langsung kasi 1024MB ajah)
- jangan sering2 nge-save, selesein dolo satu flow baru save (*coding koq
coba2*) :D
lagipula load tomcat gak lama koq, gimana kalo pake websphere, weblogic dan
kawan2 ;)

> Jadi cukup memakan waktu juga dengan restart tomcat sering-sering.

gak makan waktu boss, lumayan waktu untuk bikin kopi :p

> Adakah harus pasrah dengan kondisi skrg J, apa ada solusi lain ? misalnya
> auto reloadnya dimatikan ? tp gimana caranya ? effectny ?

mungkin bisa matiin hot deploynya
caranya?? mungkin yang pake netbeans yang bisa bantu.... (ane pake eclipse)
tp saran newbie mah gak usah dimatiin, begitu kena permGen langsung restart
and bikin kopi lagi :D

semoga membantu.....

MJ