> Gw gak tahu apa ini bisa dibikin jadi mata kuliah, tapi aspek scalabality
> dari sebuah system perlu perhatian yg khusus.
> Bagaimana caranya seseorang dapat membangun system yg scalable yg dapat
> memenuhi penambahan jumlah beban yg ditangani
> tanpa sedapat mungkin mengubah system pada level source code.

mata kuliah sistem terdistribusi, ini ada kok ..

maunya ada kuliah tambahan sekitar clustering, in grid memory, session
replication.

ini target tahun ke-3, sekarang team yang ini lg cari teori dan juga
referensi opensourcenya dan juga tutorial pakainya ;)

sedangkan untuk map and reduce, di database theory ke-2, sudah ditambahkan,
tetapi gimana misalnya clusternya, ini digabung sama sistem terdistribusi

kalau punya materi  seperti ini boleh nih share.

> Mungkin juga perlu ada session ttg bagaimana system yng berbeda2 terutama
> legacy system dapat saling berinteraksi dengan sysem lain.

ini ada di interoperability, gue lupa mata kuliah yang mana.

ada satu mata pelajaran pola-pola apa gitu, :0 hehe tingkat 3 juga

> Mungkin perlu juga session utk membahas game programming  framework.

nah ini spin off dari computer science, namanya game technology, tuh ada
satu gang yang dalamin jmonkey dengan satu dosen khusus.