-- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Daniel Baktiar <dbakt...@...> wrote:

> hi putri,
>
> perlu di-analisa, mengapa request baru selesai dalam 40 detik. apakah karena
> proses di sisi server-nya yang lama, apakah koneksi network yang lambat,

Sepertinya bukan karena server ataupun network, pak. Karena belum masuk
production. Masih development.

> apakah karena menampilkan data banyak tanpa menggunakan paging,

Ini juga sepertinya bukan. Karena query bukan untuk fetch banyak record, tapi
update beberapa field dari sebuah table yang jumlah fieldnya = 70-an.

> apakah karena long running process yang dipanggil, dsb.
> penyelesaiannya tentu berdasarkan identifikasi masalah tersebut.

Mm.. ini mungkin.
Tapi ketika proses masih berlangsung (masih tahap loading), dan saya cek ke
database.. Ternyata di database, perubahan sudah terjadi. Tetapi notifikasinya
saja yang luambat.

> --
> Daniel Baktiar (http://dbaktiar.wordpress.com)

CMIIW