Hmmm, mau share aja
Belum lama ini baru develop project untuk diattach di environment Oracle
e-business suite
 - JSF 1.2 RI + Trinidad untuk UI
 - call PL/SQL dan initiate oracle workflow

Secara workflownya pakai oracle punya dan PL/SQL, yang dipake bener2 cuma core
JDBC ga pake yang aneh2.

Point nya bahwa buat develop UI nya, yang pakai JSF ini cepat dan dapat
feature2 (yang dalam waktu develop yang sama) jauuuuuh lebih user friendly
(sebelumnya pake struts 1 yang jsp nya mesti ngoding sampai mabok) dan sampai
sekarang belum ada error di bagian UI (yang biasanya banyak).

Waktu develop project ini di awal april 2009, bos sih ngasih pilihan framework
terserah saya. Waktu itu yang muncul sebagai kandidat adalah:
 - Trinidad
 - Richfaces
 - PSP (yup, konsultannya menyarankan develop UI sekian banyak pake PL/SQL
Pages-yang akhirnya jelas2 ditolak, cari mati namanya)
 - Struts 1 (saran ini juga ditolak, cape maintainnya, lagian ini udah tahun
2009)
 - Struts 2 (batal soalnya database transactionnya mau pakai PL/SQL dan oracle
workflow, sementara struts2 setahu saya bagus buat workflow)

Dengan karakteristik user di kantor yang dari sabang sampai merauke, maunya
gampang pakai tapi ga berat (soalnya ada kantor di tempat yang tidak terdaftar
di atlas), sering salah input, akhirnya saya memutuskan pake trinidad, dengan
pertimbangan:
 - dibanding richfaces yang sangat eye-candy, trinidad (seharusnya) tidak
terlalu berat
 - ada yang bilang soal richfaces, trus cari info juga di inet, yang ternyata
richfaces itu ngehijack lifecycle nya JSF (gitu kan???)
 - eye-candy aneh aneh, table filtering, drag-drop dll ga diperluin, yang
penting usernya bisa masukin data yang benar, trus filter yang sesuai
priviledge nya
 - apache punya
 - udah ajax support juga
 - PIC projectnya cuma saya -yang masih handle operasional juga-, konsultan
terbatas cuma 2 coder java, kelarnya mesti ontime (amiiiin ontime juga)

Waktu develop Javanya, menurut saya sih kerasa banget dengan trinidad ini
membantu, dan hasilnya juga user friendly. Yang penting juga, karena usernya
terbiasa dengan theme Oracle Apps, trinidad ada skin untuk Oracle APPS (R11)
jadi lebih matching dan ga perlu tutorial yang dasar (maksud saya benar2 dasar
-> semacam bahwa yang button bergambar kaca pembesar itu fungsinya untuk
menampilkan modal dialog "Search")

Sekarang ini JSF 2.0 sudah keluar, tapi component library belum ada yang
mengikuti release JSF 2. Yang masalah, bahwa Trinidad itu dulunya dari Oracle
ADF yang dilempar ke apache, trus sekarang Oracle nya sendiri develop ADF
Faces, yang brand nya dia sendiri, jadi -CMIIW- tidak akan dilempar sebagai
Trinidad 2.

Pakai trinidad ini sih ok juga... Nah, kalau rekan2, ada juga ga yang pernah
develop project pakai JSF + component library, atau malah pakai JSF2? Boleh
share pengalaman juga??

Kirim email ke