Kalau pakai socket, seperti yang dijelaskan mas Thomas di atas, cuman perlu
<100 lines of code in 30mins to 3 hrs, dengan tools cuma JDK dan IDE. Lebih
sederhana mana? :D

Definisi sederhana kan berbeda tiap orang, kalau buat yang udah master AJAX
ya tentu bilangnya lebih sederhana pakai AJAX. Buat yang blm pernah buat
AJAX, belajar AJAXnya sendiri (konsep, cara pakai framework A B C D ...) aja
udah overhead sendiri.

Kalau menurut saya sih, dari segi ilmu, ada baiknya belajar dari socket
dulu. Socket kan konsep dasar yang lumayan penting (walaupun most people
don't use socket secara langsung nantinya).

Anyway, bisa juga implement XMPP (Jabber) atau IRC (kalo gak salah RFC nya
IRC tidak sesuai dengan implementasi IRCD yang ada di pasaran, walaupun gak
beda terlalu jauh).

Jadi silakan buat yang mau buat, pilih sendiri mau yang mana :-)

Cheers,
-Kurniady

2009/11/27 Eichinichi Onizuka <gto6...@yahoo.com>

> Lho , katanya pengen bikin program chat sederhana ... Menurut saya yang
> "sederhana" itu kalo di web, cm butuh browser, web server Tomcat, javascript
> framework yg support AJAX ( JQuery), bikin servlet buat receive/response
> kalimat chat yg di-postback user, bikin UI nya sederhana berupa 1 page HTML
> aja. Mustinya ngga perlu 1 minggu mas untuk bs bikin program chat yg
> sederhana & working menggunakan resource diatas ( bs 1-3 hari loh, atau lebh
> cepet).
> Bayangkan kalo kita harus bersentuhan dgn Thread, Socket, Swing ( untuk UI
> [...]

Kirim email ke