--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, "Agi Putra Kharisma" <agi_ban...@...>
wrote:

> Saya juga pernah mengalami hal yang serupa, kebetulan dulu skripsi saya jg
> tentang REST (waktu itu saya pakai Ruby on Rails).
>
> Sebelum mendesain API yang benar-benar RESTful, sebaiknya baca dulu artikel
> ini:
> http://roy.gbiv.com/untangled/2008/rest-apis-must-be-hypertext-driven
>
> Trus coba praktek bikin aplikasi, ada beberapa framework yang menurut saya
> paling bagus:
> Ruby: restfulie http://github.com/caelum/restfulie
> Erlang: WebMachine http://bitbucket.org/justin/webmachine/wiki/Home
> [...]

Sekedar tambahan info, ada slide presentasi bagus dari QCon San Francisco 2009
oleh Jim Webber dan Ian Robinson, 2 dari 3 penulis buku O'Reilly - REST in
Practice: Hypermedia and Systems Architecture (belum terbit). Isinya sangat
bagus, tp ukurannya lumayan besar, hampir 49 MB, isi 302 slides:
http://dl.dropbox.com/u/2877247/Tutorial.pdf.zip

o ya, restfulie jg ada yg versi java http://github.com/caelum/restfulie-java
dan jalan di atas vraptor http://vraptor.caelum.com.br/en

Agi