sempat disebutkan, "booting windows", kata-kata ini beda dengan "jalanin
windows" yg artinya windows sudah berjalan. proses booting windows tidak
melibatkan java atau j2ee manapun,
kecuali emang ada service java apa gitu yg diaktifin sebagai windows
service.
emang j2ee app server bisa dijalankan sebagai windows service dan dibuat
otomatis jalan
saat booting.
kalo dari cerita yg sudah dipaparkan diatas, sepertinya maksudnya,
jalannya windows jadi "lambat", kalo pake j2ee, netbeans, dan kawan-kawan.

untuk masalah seperti ini, perlu diketahui, ini hanyalah cerita lama,
dan sekarang masih bisa saja terjadi, kalo emang komputer yg dipake
specnya minim.

kalo saya biasanya, dengan spec minim, dengan terpaksa, kerjanya gantian.
misalnya pake eclipse gak akan pernah pake server apapun, entah servlet
container
macam tomcat apalagi j2ee appserver, pasti berat juga lah.
belum lagi ditambah dengan databasenya, makin berat aja.
sehingga mau tidak mau, mesti siapin environment yg super minimalis.
bikin project juga gak bisa gede-gede.

--
syaiful.mukhlis
gtalk:syaiful.mukh...@gmail.com <gtalk%3asyaiful.mukh...@gmail.com>