Untuk pertanyaan terakhir mengenai lisensi sebenarnya sangat menarik dan
perlu ada keterlibatan evangelist Java atau Sun/Oracle disini.

Kalau kita sudah membuat aplikasi Java (+ platform open source lainnya), dan
rencana menjual secara ritel dalam bentuk media pack  atau embedable device
(CD/DVD, USB, dll) maka hal-hal berikut akan muncul baik untuk proprietary
maupun open source :
- Installer platformnya ada lisensi untuk redistribusi, perhatikan baik-baik
hal ini. Untuk Java, setau saya JRE 1.5 yang bisa disertakan. Tapi sampai
saat ini saya sendiri belum berani melakukan hal itu.
- Tidak bisa asal upgrade karena hal di atas.

Jadi untuk berbisnis di IT tetap harus ada non-technical skill untuk
berhubungan dengan entitas bisnis ini. Nah, mudah2an di JUG selain bahas
technical ada porsi juga untuk kesadaran HAKI biar ekosistem IT kita bisa
berkembang pesat. Atau malah membahas SAAS (Software As A Service) atau
cloud computing disini. Saatnya switch ? Atau saatnya untuk kita membuat
retail software yang banyak mumpung momentumnya sudah di depan mata ?
Misalkan menjual aplikasi "tradisional" tapi sangat dicari di pasar seperti
POS, Accounting Software, HR software, dll.

Regards,

Feris

2010/1/6 hengkymail <hengkym...@yahoo.com>

> He3x, msh newbie n bingung, mohon dimaafkan,he3x

Kirim email ke