> Well, dari pengalaman saya. Mungkin bakal butuh yang gini-ginian buat
> Oracle, Posgre, LDAP dll. Tapi kalo emang kasusnya udah dipaku mati di MySQL
> sih pake String aja cukup

No offense seh, dalam OOAD semuanya boleh aja di anggep sebagai kelas dan
object..
Cuman perlakuan OOnya itu yang gw ga setuju.. Kalaupun itu di jadikan
sebagai pojo untuk setter getter..
Datanya adalah static, artinya ga akan ada perubahan selama aplikasi
berjalan.

Kalo gw seh untuk kasus seperti ini ada 2 cara (btw ga pernah mantek mati
url database)
1. Bikin kelas Enumeration dimana isinya ada lah public static String untuk
menampung nilai nilai static yang sering digunakan..
2. Refactoring Kelasnya.. buat abstract kelas dan kelas-kelas bawahnya bisa
akses method untuk balikin nilai yang sesuai.

Regards,

Yudhi Karunia Surtan
Mobile (+62)-818-08347561
http://yudhikarunia.wordpress.com