java web start digunakan untuk menjalankan aplikasi desktop
tanpa perlu instal aplikasinya di masing-masing desktop.
jws ini masih relevan, apalagi jika diterapkan di lingkungan intranet.
itu pun jika memang yg dibutuhkan adalah aplikasi desktop,
dan tanpa perlu capek-capek install satu per satu di tiap desktop.
aplikasi disimpan di satu server, kasih linknya di web,
tinggal click, aplikasi otomatis didownload (disini ini nih protokol
jnlp berperan),
sudah selesai, filenya disimpan di tempat yg sudah ditentukan oleh jws,
dan tinggal diexecute. kalau ada update terbaru, otomatis didownload
aplikasi yg terbaru yg sudah dideploy di server.