2010/4/12 Samuel Franklyn <sfrank...@gmail.com>

> Caranya adalah dengan mendisable cache sehingga pada saat
> melakukan get JPA selalu pergi ke database.

Sam, emangnya EclipseLink atau OpenJPA by default mengenable cache ya?
Gw selama ini selalu pakai Hibernate, dan by default second level
cache tidak dienable.
Gak tau gimana implementasi JPA lain

Dengan kondisi default, kalau data dimodif di belakang aplikasi
(inject langsung),
maka data baru akan langsung keliatan begitu diquery ulang (kalo
desktop direload screennya, kalo web direfresh)

> Harap disadari mendisable cache maka data di JPA uptodate
> akan tetapi performance akan drop.

Gw biasanya default gak pakai cache.
Kalo memang perlu tuning perf, biasanya tweak index dulu.
Cache itu last resort aja.

--
Endy Muhardin
http://endy.artivisi.com