Hi Endy

Kalo ngak butuh XA, JMS, EJB terus maksa make itu dan bermasalah itu seh bukan
salah yg bikin XA, JMS atau EJB lah. Itu salah yg make bukan salah yg bikin.

OK prinsip development kita berbeda kalo gitu. Soalnya kita masih kecil dan
belum ada nama. IBM dengan gampang bisa dapat buget $20 juta untuk satu
project. Dan pump in 200 org. Pake server server baru culster sana sini. Kita
cuma dapat server bekas .Development tool pake rational suite (ini real story).
Satu satunya kemewahan yg kita punya adalah jrebel( gua highly recomend.Team
kita ngak akan sanggup bersaing kalo cara maen nya ikut cara mereka. Salah satu
cara kita bersing adalah dengan inovasi.

Maka itu team kita selalu berusaha explore sana sini cari lebih produktif untuk
solved the problem. Soalnya pilihan nya harus selalu di depan. Ngak bisa nunggu
sampe di jadiin obsolote sama org laen. Dan ini jg preference gua.

Yah menurut gua ngak ada yg rugi kalo programmer nya belajar yg baru. Yg
penting kan dia ngerti konsep nya dari pada belajar buta. Lagi pula jaman skr
kita emang selalu di tuntuk untu belajar. Kadang malah totaly beda mindset.
Kayak transisi dari spring mvc ke wicket. Mindset nya hrs berubah. Ini resiko
hidup di dunia ekonomi jaman skr lah. Ngak bisa ngeluh.

Mungkin posisi  dan resource Pak Endy skr bisa dengan pake metoda pak Endy yg
skr. Silahkan aja, itu kan pilihan. Gua ngak menyalahin :). Peace

Yeap company kayak google facebook amazon dan microsot emang berusaha membuat
lingkuangan kerja seperti jaman mahasiswa. Selalu lapar. Gua ngak meliat
sesuatu yg salah. Tp model nya mahasiswa yg benar benar mahasiswa yah. Bukan yg
isi daftar hadir doang.

thx semoga berguna

--- In jug-indonesia@yahoogroups.com, Ahmad 'Ata' Tanwir <th3cr...@...> wrote:

> Jadi saya pikir waktu yang pas untuk berexperiment dan ganta-ganti
> framework adalah selama jadi mahasiswa. Beda tugas, beda juga framework
> yang digunakan. Hohoho.. Kalo gagal kan resikonya ga tinggi, paling ga
> lulus matakuliah yang bersangkutan, tahun depan bisa ngulang. Sehingga
> nantinya kan ada yang paling sreg dihati.
>
> hehehe.. jadi warning buat perusahaan yang karyawannya masih mahasiswa...
>

> --
> Salam
>

> Ahmad Tanwir
> http://www.ata.web.id